Thursday, August 7, 2008

Penyalahgunaan Otoritas Rohani

George Bloomer

 

Harga        : Rp 30.000,-

Ukuran      : 15.5 x 23.5 cm

Tebal         : 141 halaman

Berat         : 250 gram

 

Bayangkan negeri kita tanpa petugas kepolisian. Bayangkan kehidupan kita tanpa pengayoman dari pihak berwajib. Bayangkan berkendaraan tanpa rambu-rambu lalu lintas, lampu merah, dan petunjuk arah. Bayangkan tidak ada pelanggaran dan hukuman - tidak juga Sekolah Dasar tanpa lapangan tempat bermain, atau pemerintah tanpa pemimpin..... Atau, Anda bisa juga membayangkan bumi tanpa gravitasi, sebab tanpa otoritas atau kekuasaan dan wewenang, akan ada kekacauan besar.

 

Tetapi,a pa yang akan terjadi ketika otoritas atau wewenang disalahgunakan? Dan lebih parah lagi, bagaimana jika pelecehan rohani berkedok "otoritas yang benar"?

 

Seperti halnya tidak adanya pemegang otoritas dapat menyebabkan kekacauan, penyalahgunaan otoritas dapat menghasilkan kehancuran. Tidak terhitung orang yang menjadi korban manipulasi kekuasaan dan otoritas. Kehidupan dibuat menyimpang, pernikahan dimusnahkan, wanita dan anak-anak dijadikan objek pelecehan, dan kaum suami dan para ayah terusir dari urmah mereka sendiri.

 

Selain itu, tragis sekali bhwa di dalam gereja - di mana keselamatan, kesembuhan, kebebasan, dan kasih Allah bertemu - beberapa macam penyalahgunaan terparah terjadi. Otoritas rancangan Allah telah disalahartikan, dibenangkusutkan, dan dimanipulasi. Akibatnya, orang-orang yang tidak bersalah menjadi korban dan tawanan pada situasi yang abusif. Mereka yang terluka batin dan yang lemah menjadi korban, dan mereka yang telah berbuat dosa diancam dengan ketakutan oleh pemimpin rohani yang memanfaatkan jemaat sebagai alat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan karir mereka.

 

Di dalam buku ini, George Bloomer membahas tentang:

·         Rancangan Allah yang benar atas otoritas

·         Mengapa banyak orang menyalahgunakan kekuasaan atau otoritas

·         Efek penyalahgunaan otoritas di dalam keluarga

·         Bagaimana mendeteksi seseorang yang suka menyalahgunakan otoritas

·         Rancangan Allah dalam memulihkan penyalah guna otoritas dan mereka yang dilecehkan, serta

·         jalan keluar dari pengaruh penyalahgunaan rohani.

Penerbit        : Metanoia

 

No comments: