Sunday, August 3, 2008

Awam & Pendeta Mitra Membina Gereja

Andar Ismail

Harga : Rp 23.000,-
Ukuran : 14.5 x 21 cm
Tebal : 179 halaman
Berat : 250 gram

Ibarat sinetron kaum awam adalah pelaku yang tampil di pentas sedangkan pendeta adalah sutradara yang menopang di balik layar. Demikian gambaran umum buku ini tentang kemitraan awam dan pendeta. Apa implikasi gambaran itu dalam hidup dan panggilan gereja? Jika kita meyakini bahwa tugas keimaman ada pada tiap orang percaya, bagaimana menerapkannya di gereja setempat? Apa artinya jika diakui bahwa pendeta pun perlu belajar dari kaum awam?
Buku ini menjelaskan peran strategis kaum awam sebagai "gereja yang menyebar" dalam berbagai realita lapangan hidup sehari-hari. Turun-naiknya ayunan teologis tentang kaum awam ditelusuri dalam buku ini mulai dari zaman reformasi gereja hingga masa kini. Berguna bagi tiap warga gereja untuk menghayati peran sebagai garam dan terang masyarakat.
Buku ini adalah terjemahan dan penyederhanaan dari disertasi berjudul The Tension Between the Doctrine of the Laity and The Doctrine of the Ordained Ministry in the Documents of the World Council of Churches and Its Implications for Lay Education.

Penerbit : BPK Gunung Mulia
ISBN : 979-415-811-9

No comments: